Minggu, 12 April 2015

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

1

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami - Asam lambung yang tinggi memang menjadi penyebab berbagai maasalah di lambung mulai dari maag, tukak lambung maupun GERD, jika tidak segera di obati atau dikontrol akan menyebabkan gangguan lambung kronis. kebanyakan orang akan langsung minum obat antasida jika untuk menetralkan asam lambungnya, tapi antasida hanya bersifat menetralkan asam lambung yang sudah di sekresi, namun tidak menghambat atau mencegah asam lambung datang kembali.

Sebenarnya banyak sekali makanan atau buah disekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam lambung dan mencegah atau mengurangi sekresi asam lambung yang mudah didapat, murah dan tentunya aman sebagai alternatif pengganti obat-obatan kimia yang pastinya mempunyai banyak efek samping, apa saja makanan dan buah-buahan itu, akan saya uraikan satu persatu 

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami


1. Kunyit ( Curcuma Longa atau C domestica )

Selain dikenal sebagai bumbu masakan teman ibu ibu di dapur, ternyata kunyit (kunir : bahasa jawa) mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan yaitu antara lain terkenal sebagai anti inflamasi atau anti radang cocok digunakan sebagai radang lambung (Gastritis), dipercaya dapat mengontrol sekresi asam lambung berlebih dan dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk membunuh bakteri bakteri yang merugikan di lambung.

2. Temu Lawak (Curcuma xanthoriza Roxb)

Kandungan serbuk rimpang ternyata mempunyai khasiat untuk memperbaiki dan menetralkan produksi asam lambung. Bahkan maag akut sekalipun akan berangsur-angsur sembuh jika kita telaten meminum air sari temulawak.
Selain sebagai obat lambung yang ampuh\, temu lawak ampuh untuk memperbaiki liver dan hepatitis dan anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung/tukak lambung dan di percaya juga dapat menetralkan asam lambung.

3. Jeruk Nipis

Lho kok jeruk nipis, kan rasanya kecut, itu pertanyaan saya ketika membaca sebuah artikel Jeruk Nipis Untuk Maag menyebutkan jeruk nipis dapat menetrallkan dan mencegah asam lambung. tetapi setelah saya coba ternyata benar bahwa jeruk nipis memang mujarab untuk asam lambung saya sendiri telah membuktikannya.

Memang jeruk nipis rasanya sangat masam tetapi jika didalam lambung bersifat basa atau alkali, jika anda nggak percaya bisa mencobanya.Cara meminumnya yaitu pada pagi hari sesudah bangun pagi dalam keadaan perut kosong, setengah jeruk nipis diperas tambahkan air hangat setengah gelas campurkan madu agar nggak terlalu masam di mulut.

4. Pisang Kepok

Pisang kepok di percaya dapat mentralkan asam lambung, biasanya menggunakan pisang kepok yang masih mentah, ingat ya pisang kepok ! jangan sampai kliru pisang ambon, karena pisang ambon konon malah dapat menaikkan asam lambung.
pisang kepok yang mentah diluar negeri malah sudah diekstrasi sebagai salah satu bahan obat lambung. Kalau diluar negeri sudah ekstrak menjadi obat apa salahnya kita mencoba. 

5. Parutan Ketela pohon

Ketela pohon atau singkong dapat dipakai sebagai pengganti antasida, caranya yaitu dengan memarut ketela pohon dan memerasnya dengan air, bisa juga dengan menggunakan tepung tapioka (kanji)

6. Permen Karet

Dengan mengunyak permen karet tapi jangan di telan ya akan merangsang kelenjar air liur lebih banyak memproduksi air liur, menurut sebuah penelitian terbukti bahwa air liur dapat menetralkan asam lambung dengan mengunyah permen karet sekitar 10 menit.

7. Minum Air Hangat

Dengan banyak-banyak minum air hangat, apalagi pagi hari ketika perut kosong akan memperkecil konsentrasi asam lambung dan dengan air hangat akan merangsang enzim-enzim dalam perut bekerja secara optimal

8. Tape Singkoong

Tape Singkong untuk obat lambung masih menjadi perdebatan apakah Tape bisa menjadi obat asam lambung atau malah memperparah asam lambung karena tape di dalam lambung terasa panas dan mengandung alkohol hasil fermentasi, tetapi ada beberapa orang yang sembuh dengan mengkonsumsi Tape singkong.

Tape adalah hasil fermentasi dari bakteri (ragi), bakteri ini bersifat probiotik sehingga sangat bagus untuk pencernaan. Semakin banyak bakteri probiotik maka akan menekan bakteri patogen dalam lambung misalnya bakteri H. Pylori. Gimana berani coba?

Itulah Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami, silahkan mencoba  dan pilih yang cocok buat anda, karena kadang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita.


1 komentar:

  1. Ini artikel belum lengkap, cara untuk pembuatan obat maag dengan bahan alami diatas, tolong dibantu trim

    BalasHapus