Rabu, 01 Juli 2015

TIPS SEHAT PUASA BAGI PENDERITA ASAM LAMBUNG

3


TIPS SEHAT PUASA BAGI PENDERITA ASAM LAMBUNG

Tak terasa puasa Ramadhan sudah sudah setengah jalan, dan si lambung juga bisa diajak ibadah puasa dengan lancar tanpa hambatan, malahan lambung lebih bersahabat daripada sebelum puasa.

Memang bagi sebagian penderita sakit lambung atau maag takut untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini karena dikhawatirkan asam lambung jadi naik atau kumat, sebenarnya kalau kita tahu cara atau tipsnya puasa malah menjadikan lambung menjadi sehat karena makan jadi lebih teratur yaitu pada sahur dan waktu berbuka dan pada siang harinya lambung bisa beristirahat total. Seperti yang pernah Nabi Muhammad anjurkan yaitu Soumu Tasihu, berpuasalah kamu agar kamu sehat.

Menurut pendapat seorang dokter yang pernah saya baca, yang diperbolehkan puasa adalah orang yang mempunyai sakit maag fungsional, yaitu sakit maag yang tidak mempunyai kelainan anatomi, maag jenis ini biasanya disebabkan oleh makanan seperti kopi, coklat, gorengan, makanan pedas dan teman-temannya yang dapat merangsang asam lambung berlebih, tapi untuk maag organik yaitu maag yang disebabkan karena adanya tukak lambung  luka dalam atau luka lecet pada kerongkongan, lambung atau usus dua belas jari, polip pada kerongkongan, lambung atau usus dua belas jari serta kanker disarankan untuk tidak berpuasa, karena dikhawatirkan lambung tidak kuat dan terjadi pendarahan. Untuk melihat maag tersebut tergolong fungsional atau organik perlu dilakukan pemeriksaan dengan alat teropong yang dimasukkan ke dalam lambung yang disebut dengan endoscopy.

Tapi jika memang anda pengen berpuasa baik itu yang mempunyai maag organik atau maag fungsional mungkin tips dari saya bisa membantu.

  • Sebelum sahur usahakan melakukan sholat malam dahulu agar lambung tidak kaget setelah dipakai tidur.
  • Minum air putih hangat sebelum makan akan lebih membantu mengaktifkan enzim-enzim pencernakan.
  • Sebaiknya makan sahur jangan mendekati imsak, agar tidak terburu-buru dalam makan, jika kita terburu-buru dalam makan maka makanan kurang terkunyah secara sempurna sehingga membuat kerja lambung jadi lebih berat.
  • Jangan makan terlalu banyak, usahakan nasinya sedikit tapi sayurnya diperbanyak.
  • Usahakan jangan makan yang keras-keras sepeti krupuk atau rempeyek, atau kalau bisa usahakan nasinya agak lembek.
  • Jangan tidur setelah makan sahur atau sholat subuh, biasanya habis sholat subuh bawaanya ngantuk kepingin tidur, tidur setelah makan tidak baik untuk kesehatan selain resiko obesitas tidur setelah makan akan mengakibatkan refluk asam tekanan balik ke kerongkongan dan memperlambat pengosongan lambung.
  • Menyegerakan pada saat berbuka usahakan jangan berbuka dengan air es karena akan menetralkan enzim-enzim pencernaan di lambung
  • Jangan langsung berbuka dengan makanan yang berat, kalau bisa untuk sekedar membatalkan puasa yaitu dengan yang manis-manis seperti kurma atau kolak.
  • Usahakan makan nasi setelah sholat tarawih, kenapa demikian ... ?, selain untuk menyiapkan lambung agar enzim-enzim pencernaan sudah siap bekerja,  makan setelah magrib malah membuat badan jadi lemas dan mengantuk selain itu dengan lambung yang terisi makan ketika melakukan tarawih lambung akan terjadi banyak tekanan, apalagi diapakai untuk sujud posisi lambung yang berada diatas mulut dan kerongkongan akan terjadi refluk atau makanan kembali kekerongkongan
  • Jangan balas dendam setelah puasa seharian penuh, berhentilah makan sebelum kenyang, lambung kamu jangan terlalu di bebani pekerjaan berat.
  • Dan yang terakhir, jangan tidur terlalu malam

Itu Tips-tips dari saya semoga berguna dan semoga ada efeknya pada lambung anda, karena tingkat sakit lambung setiap orang berbeda dan saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga lancar sampai finis.
Terima kasih telah bersedia mampir di blog saya dan membaca artikel TIPS SEHAT PUASA BAGI PENDERITA ASAM LAMBUNG  semoga bermanfaat.


3 komentar: